Minggu, 22 Mei 2016

Dampak Media Sosial Terhadap Lingkungan

Lingkungan sosial dimana masyarakat berinteraksi pada masyarakat dan saling bersosialisasi. Salah satunya yaitu kini teknologi semakin maju, dengan hadirnya internet semakin dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kegiatan sosialisasi, pendidikan, dan bisnis.

Media sosial merupakan situs dimana seseorang dapat membuat web page pribadi dan terhubung dengan setiap orang yang tergabung dalam media sosial yang sama untuk berbagi informasi dan berkomunikasi dengan jarak jauh, media sosial berkomunikasi dengan menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpartisipasi dengan memberi feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tidak terbatas.

Sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama bagi seseorang dalam membuat akun di media sosial. Kalangan remaja yang mempunyai media sosial biasa nya memposting tentang kegiatan pribadinya, curhatannya, serta foto-foto bersama teman-temannya. Semakin aktif seorang remaja di media sosial maka mereka semakin dianggap keren dan gaul. Namun kalangan remaja yang tidak mempunyai media sosial biasanya dianggap kuno, ketinggalan jaman, dan kurang bergaul. mereka dapat berkomunikasi kapanpun dan dimanapun mereka berada.

 
Bagi masyarakat Indonesia khususnya kalangan remaja, media sosial seakan sudah menjadi candu, tiada hari tanpa membuka media sosial, bahkan hampir 24 jam mereka tidak lepas dari smartphone . Media sosial terbesar yang paling sering digunakan oleh kalangan remaja antara lain; Facebook, Twitter, Path, Youtube, Instagram, LINE, Whatsapp. Masing-masing media sosial tersebut mempunyai keunggulan khusus dalam menarik banyak pengguna media sosial yang mereka miliki. Media sosial memang menawarkan banyak kemudahan yang membuat para remaja betah berlama-lama berselancar di dunia maya.

Media sosial pun ada dampak positif dan negatifnya
Dampak positif:
  • -       Tempat berjualan online dan promosi yang baik dan murah
  • -       Media komunikasi yang mudah
  • -       Mudah mendapatkan informasi

Dampak negative:
  • -       Mengganggu belajar si anak
  • -       Bahaya kejahatan dan penipuan
  • -       Bagi pengguna media sosial tidak semua besifat sopan



Secanggih apapun media sosial sekarang apabila kita menyalahgunakan media sosial tersebut, kita akan membuat masalah bukan menyelesaikan masalah. Jangan hanya ketergantungan dengan media sosial karna akan membuat kita semakin malas dan gunakan media sosial dengan hal positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar